SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Kamis, 15 Maret 2012


Bantul- (urais): Salah satu tugas pokok yang diamanahkan kepada Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul adalah pembinaan kemitraan Umat yang bertujuan untuk mempererat jalinan kemitraan dikalangan umat Islam sebagai langkah mewujudkan ukhuwah Islamiyah.

Berpijak pada urgenitas tugas pokok tersebut, Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kemitraan Umat dengan tema “Pembinaan Kemitraan Bagi Para Pengukur Arah Kiblat” yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal  8 Maret  2012, jam 09.00 s.d 12.00 WIB, dan pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 15 Maret 2012, keduanya bertempat di gedung aula/Balai Nikah KUA Kecamatan Pandak. Dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dari unsur para pengukur arah kiblat dari seluruh kecamatan se kabupaten Bantul.

Sebagai nara sumber dari kegiatan ini adalah Bapak H. Fathurrahim, S.Ag, Drs. Is’adi Fatah W, dan H. Rohwan, S.Ag, M.Si, ketiganya merupakan anggota aktif Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) dan Tim Sertifikasi Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. Ketiganya menyampaikan materinya tentang teknik pengukuran arah kiblat dengan panduan matahari dan kompas, kemudian dilanjutkan dengan diskusi/ tanya jawab dengan para peserta.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak H. M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd selaku Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kan. Kemenag Kab. Bantul yang juga menyampaikan pengarahannya kepada para peserta. Dalam sambutan pengarahannya, pria kelahiran 4 Pebruari 1972 menyatakan bahwa kegiatan pembinaan kemitraan umat, khususnya bagi para pengukur arah kiblat yang berasal dari kecamatan se-kabupaten Bantul sangat penting untuk dilakukan disamping sebagai ajang komunikasi, silaturahim dan konsolidasi juga sebagai ajang untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para pengukur arah kiblat. Hal ini disebabkan, karena ilmu falak/hisab rukyah pada saat ini sudah mengalami kemajuan pesat yang didukung dengan piranti teknologi informasi (IT) canggih. Yang sangat membantu dalam pelaksanaan tugas para pengukur arah kiblat. (fzn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan DiKomentari Ya