SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Kamis, 22 November 2012

SERTIFIKASI ARAH KIBLAT


Penyelenggaraan pelayanan sertifikasi Pengukuran arah kiblat bagi Masjid, mushalla, langgar, lapangan dan tempat lainnya yang membutuhkan pengukuran arah kiblat di wilayah kabupaten Bantul adalah tugas pokok dan tanggung jawab Kementerian Agama kabupaten Bantul, dalam hal ini adalah Seksi Urusan Agama Islam (Urais). Kegiatan ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan umat Islam terhadap pengukuran dan sertifikasi arah kiblat bagi tempat ibadah yang belum pernah mendapatkan sertifikasi pengukuran arah kiblat secara resmi dari lembaga yang berwenang/berkompenten.
Kegiatan ini sangat penting bagi umat Islam, karena menyangkut keabsahan ibadah shalat, dimana salah satu rukunnya adalah menghadap kiblat. Disamping itu juga, masih banyak tempat ibadah umat Islam (masjid, mushalla, langgar dll) di wilayah Kabupaten Bantul yang belum mendapatkan sertifikasi arah kiblat dari lembaga/instansi yang berwenang/berkompeten. Untuk itulah majunya ilmu pengetahuan dan semakin canggihnya teknologi sangat membantu umat Islam untuk melakukan pengukuran arah kiblat tempat ibadah dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiyah.
Pengukuran arah kiblat sangat besar manfaatnya bagi umat Islam karena mempunyai tujuan penting; pertama, membantu masyarakat Islam dalam meluruskan arah kiblat masjid, mushalla, langgar dan tempat lainnya yang belum pernah mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat dari lembaga/instansi resmi. Kedua, Memberikan kepastian arah kiblat bagi masjid, mushalla, langgar dan tempat lainnya sehingga menambah keyakinan umat Islam dalam menghadap kiblat ketika menjalankan ibadah Shalat, Ketiga, sebagai media untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Islam tentang pentingnya pengukuran arah kiblat bagi masjid, mushalla, langgar dan tempat lainnya yang membutuhkan pengukuran arah kiblat bagi keabsahan shalat.

PERALATAN SERTIFIKASI ARAH KIBLAT
Dalam melakukan sertivikasi arah kiblat pada Masjid, mushalla dan tempat lainnya membutuhkan pengetahuan dan keterampilan/keahlian dalam bidang sertifikasi arah kiblat yang didukung dengan penggunaan peralatan dari yang modern sampai yang paling sederhana. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut;
1
Theodolith Nikon Ne 100
18
Kalkulator Karce 171
2
Lensa Pengaman Matahari
19
CD Petunjuk Penggunaan Peralatan Falak
3
Tool Box of Theodolith
20
Penggaris
4
Tripod Alumunium Theodolith
21
Pensil
5
Kompas Suunto Kb14
22
Spidol Snowman Permanent Besar
6
Tripod Kompas Suunto Kb 14
23
Spidol Snowman Permanent Kecil
7
Dudukan Kompas Suunto Kb 14
24
Penjepit Kertas/paper clipboard
8
GPS Garmin Etrex HI
25
Hammer
9
Diagonal eyepiece
26
Sticker Kiblat
10
Tongkat Istiwa'
27
Paku
11
Meteran manual 5 M
28
Lakban
12
Meteran Laser 5 M
29
Tool Box
13
Meteran Roll 50 Meter
30
Tas BHR
14
Pena Laser
31
Topi BHR
15
Ranbu Ukur
32
Rompi BHR
16
Cassing Rambu Ukur
33
Payung BHR
17
Bandul Lot
34
Benang

WAKTU PELAKSANAAN
Sesuai dengan SK Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Kegiatan pelayanan Sertifikasi Arah Kiblat untuk tahun 2012 ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2012, pada jam kerja kantor.

OBYEK SERTIFIKASI ARAH KIBLAT
Obyek kegiatan pelayanan sertifikasi arah kiblat ini adalah semua tempat yang digunanakan umat Islam untuk melaksanakan atau meyelenggarakan kegiatan peribadatan, seperti masjid, mushalla, langgar dan tempat lainnya yang membutuhkan pengukuran arah kiblat, seperti lapangan untuk pelaksanaan shalat dua hari raya, Idhul Fitri dan Idhul Adha dan komplek pemakaman/ kuburan muslim serta tempat lainnya yang membutuhkan pengukuran arah kiblat, seperti mushalla rumah pribadi, hotel, dan lain-lain.
Berdasarkan surat masuk dengan perihal permohonan pengukuran arah kiblat, sampai bulan Nopember 2012, ini sudah mencapai 246 lokasi. Dari jumlah tersebut sudah 228 lokasi yang telah di lakukan pengukuran arah kiblatnya. Jadi sampai saat ini tersisa 18 lokasi. yang menunggu jadwal pengukuran dari Tim. Adapun 18 lokasi tersebut adalah;

KECAMATAN
NAMA MASJID
ALAMAT
Bantul
Masjid Baitul Makmur
GempoLan Wetan Trirenggo Bantul
Bambanhlipuro








Masjid al-Qarib
Masjid Nurul Iman
Masjid al-Hidayah
Masjid Al-Iman
Masjid at-Taqwa
Masjid al-Hidayah
Masjid Nurul Yaqin
Masjid ar-Ridlo
Masjid Al-Ikhlas
Koripan Ngajaran Sidomulyo Bangli
Ngambah RT 5 Mulyodadi B.Lipuro Bantul
Jipangan DK Jomblang Mulyodadi Bambanglipuro
Sribit RT 02 Mulyodadi Bambanglipuro
Belan Cangkring Mulyodadi Bambanglipuro
Paker Mulyodadi Bambanglipuro
Pete/Paker RT 6 Mulyodadi Bambanglipuro
Caben RT 3 Sumbermulyo Bambanglipuro
Caben RT 5 Sumbermulyo Bambanglipuro
Kasihan




Mushalla al-Amin
Majsid Nurul Huda
Masjid al-Mubarok
Masjid al-Musyawarah
Masjid PSTW Budi Luhur
Godegan RT 10 Dk IIV Brajan, Tamantirto Kasihan
Nulis RT 3 Tamantirto Kasihan
Tegalrejo Tamantirto Kasihan Bantul
Tegalwangi RT 04 Tamantirto Kasihan Bantul
Panti Wreda Panti Jompo Dinas Sosial DIY
Sewon


Masjid al-Ahda
Masjid Al-Falah
Mushalla Blunyahan
Dagen RT 3 Pendowoharjo Sewon
Ngimbang Pendowoharjo Sewon
Blunyahan Pendowoharjo Sewon,

Ditargetkan ke 18 lokasi tempat ibadah tersebut akan selesai pada akhir bulan Nopember 2012.  Jumlah tersebut dipredikdikan akan semakin bertambah,  karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap urgensi sertifikasi arah kiblat sudah semakin tinggi. Untuk pengajuan permohonan sertifikasi arah kiblat yang masuk pada bulan Desember 2012, akan dilayani pada tahun anggaran 2013. (fzn)

1 komentar:

  1. to admin....masjid Al Iman sribit, Mulyodadi, Bambanglipuro kapan akan di ukur arah kiblatnya??kan itu sudah masuk dalam daftar...
    terima kasih.

    BalasHapus

Silahkan DiKomentari Ya