SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Sabtu, 24 November 2012

PENGUKURAN KIBLAT MAKAM MUSLIM

Bantul-(urais). Dalam rangka meningkatkan mutu layanan ibadah kepada masyarakat, khususnya  dalam hal penertiban arah kiblat sebagai penyempurnaan ibadah Shalat dan ibadah lainnya,  Tim sertifikasi arah kiblat Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul telah melakukan pengukuran dan sertifikasi arah kiblat, pada hari Kamis, 22 Nopember 2012, di Desa Guwosari Pajangan Bantul. Adapun  lokasi yang diukur adalah  tempat ibadah berupa mushalla yang rencananya akan di bangun warga pada hari Ahad, 25 Nopember 2012 dan  tanah makam Muslim yang belum pernah mendapatkan pengukuran dan sertifikasi arah kiblat dari lembaga yang berwenang manapun.
Kegiatan pengukuran tersebut diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari permohonan para takmir dan juru kunci makam muslim yang telah mengajukan  permohonan pengukran secara resmi kepada tim Sertifikasi Arah Kiblat yang beralamatkan di Seksi Urais Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bnatul lantai II Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul. Dalam kegiatan ini, segenap anggota takmir dan pengurus makam menyambut kedatangan petugas dengan antusias, mereka membantu para petugas dalam mempersiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan pengukuran tersebut.  Tepat pada pukul 11.00 WIB Kegiatan pengukuran dapat diselesaikan oleh tim dengan lancar meskipun cuaca dalam keadaan mendung.

Khusus untuk pengukuran makam muslim, di tahun yang akan datang (2013) Tim sertifikasi arah kiblat berharap agar kegiatan semacam ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Karena untuk tahun 2012  pengukuran terhadap makam muslim di wilayah kabupaten Bantul masih tergolong rendah/minim sekali. Hal ini disebabkan karena  permohonan secara resmi yang diajukan oleh para pengurus makam muslim kepada tim sertifikasi arah kiblat masih sangat sedikit dan tim sertifikasi arah kiblatpun hanya bisa melaksanakan tugas pengukuran berdasarkan surat permohonan yang masuk. Untuk itulah, kedepan sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai pihak akan lebih dimaksimalkan oleh Tim. Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari hasil loka karya hisab rukyat yang diselenggarakan oleh BHRD kantor wilayah Kementerian Agama D.I Yogyakarta pada hari Senin, 9 Juli 2012 di Hotel Rosalia Indah , Jl. Lingkar Selatan Bantul(fzn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan DiKomentari Ya