SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Selasa, 13 November 2012

Forum Komunikasi Jaring Kemitraan


Forum Komunikasi Jaring Kemitraan (FKJK) adalah kegiatan lintas sektoral antar instansi pemerintah dan LSM di kabupaten Bantul yang konsen terhadap permasalahan remaja, khususnya remaja pra nikah. Anggota forum ini adalah instansi-instansi pemerintahan dan LSM yang berada di kabupaten Bantul, seperti  Bappeda, Kemeneterian Agama Kab. Bantul, Dinsos, Diknas, Dinkes, Komisi Perlindungan anak dan perempuan serta organisasi lainnya yang berkompeten dalam permasalahan remaja pra nikah.
Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, Jumlah remaja yang berumur 10-24 tahun sekitar 64 juta jiwa atau 27,6 % dari jumlah Penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa Masalah yang menonjol dikalangan remaja adalah permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza).

Data-Data Seks Pra Nikah
1. Hasil Penelitian SKRRI pada tahun 2007 , Remaja usia 15-24 tahun, pernah melakukan hubungan seksual pranikah, % wanita  dan 6% pria 
2. Penelitian Depkes Tahun 2009 di 4 kota besar (Medan, Jakarta Pusat, Bandung dan Surabaya) , 35,9% remaja mempunyai teman yang sudah pernah melakukan hubungan seks pranikah dan  6,9% responden telah melakukan hubungan seks pranikah.
3. Penelitian dari Australian National University (ANU) dan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia tahun 2010 di Jakarta, Tangerang dan Bekasi (JATABEK) menyatakan bahwa 20,9% remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah  dan 38.7% remaja mengalami kehamilan sebelum menikah dan kelahiran setelah menikah.

Penelitian di 10 kota besar dan 6 kabupaten di Indonesia
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, 20 - 60% aborsi di Indonesia dilakukan dengan disengaja (induced abortion2 juta kasus aborsi (50% terjadi di perkotaan)  Aborsi di perkotaan dilakukan secara diam-diam oleh tenaga kesehatan (70%) sedangkan di pedesaan dilakukan oleh dukun (84%). Klien aborsi terbanyak berusia 20-29 tahun

Melihat prolematika  remaja yang demikian memprihatinkan, FKJK pada hari Jum'at, 9 Nopember 2012 mengadakan pertemuan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. dalam forum tersebut dibahas tentang segala sesuatu yang berkiatan dengan problematika remaja pra nikah, diantaranya masalah kesehatan reproduksi, masalah pernikahan dini, hamil sebelum nikah dan lain-lain. Melihat betapa pentingnya kegiatan ini, maka pertemuan FKJK akan diadakan secara rutin setiap bulan sekali.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah saya sangat salut dengan kegiatan tersebut mudah - mudahan dapat mwnekan laju pergaulan bebas dan nikah pada usia dini. Amin

    BalasHapus

Silahkan DiKomentari Ya