SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Sabtu, 03 November 2012

PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH

Kegiatan Pembinaan Keluarga Sakinah adalah merupakan salah satu progam kegiatan yang menjadi Tupoksi Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat Islam untuk dapat membangun sebuah kehidupan rumah tangga/ keluarga yang bahagia sejahtera lahir dan bathin.
Terkait dengan ini, pada hari Selasa, 23 Oktober 2012, seksi Urais telah menyelenggarakan kegiatan pembinaan pra Nikah bagi para remaja usia sekolah, yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari perwakilan SMU/SMK/MA se Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul menyatakan dalam sambutan dan pengarahannya, bahwa pembinaan pra-nikah bagi remaja usia sekolah sangat penting sekali, karena akan menjadi bekal penting bagi mereka di masa mendatang. Baik jeleknya suatu bangsa ada dalam genggaman tangan mereka. Oleh karena itulah, untuk menciptakan masyarakt yang baik tentunya dimulai dengan membangun rumah tangga yang baik. 

Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adalah Drs. H. Zainal Abidin, M.Pdi, Kabid Urais Kementerian Agama Kanwil D. I Yogyakarta,  H. M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd, Kasi Urais Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, dan Suryadi Raharjo, S.H dari BKK PP KB Kabupaten Bantul. Dalam presentasinya H. Zainal abidin, menyatakan bahwa berdasarkan penelitian BKKBN tahun 2010 banyak remaja putri yang sudah kehilangan keprawanannya seblum nikah, terutama di kota -kota besar, seperti Surabaya mencapai 54 %, Medan 52 %, Bandung 47%, DI Yogyakarta, 37%. Bahkan banyaknya remaja yang melakukan pernikahan dini karena telah terjadi kehamilan sebelumnya. Kondisi ini sangat memprihatinkan dan menjadi tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itulah sebagai salah satu ikhtiyar mencegah terjadinya hal yang demikian, perlu diadakan pembinaan pra nikah bagi  para remaja. Sementara itu, bapak Suryadi R, SH, menyatakan bahwa penting bagi para remaja untuk mengetahui tentang kesehatan reproduksi, sebab dengan demikian akan terbentuk kesadaran dalam diri mereka untuk menghindari prilaku seks di luar nikah, terutama seks bebas. Dan dapat menghindari terjadinya pernikahan dini yang sudah menjadi fenomena luar biasa di tengah masyarakat kita.
Dalam presentasi terakhir, Pak Wahib Jamil, menyatakan bahwa setiap manusia yang hidup didunia ini pasti sudah ditentukan pasangan hidupnya (jodohnya) oleh Allah SWT, akan tetapi dalam faktanya masih banyak remaja yang masih bingung bila belum mendapatkan pacar. Padahal, faktanya kehamilan diluar nikah atau pernikahan dini, ini sering dipicu oleh akibat dari aktifitas pacaran yang dilakukan oleh para remaja tanpa terkontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan DiKomentari Ya