SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Selasa, 04 Desember 2012

SOSIALISASI SERTIFIKASI ARAH KIBLAT

Bantul-(Urais): Bertempat di Masjid Al-'Ahda, Dusun Dagen Kel. Pendowoharo Kec. Sewon Bantul, Tim Sertifikasi Arah Kiblat BHRD Kantor Kementerian Agama Kab, Bantul bekerja sama dengan Takmir Masjid al-Ahda mengadakan pengajian dan sosialisasi sertifikasi arah kiblat sekaligus penyerahan sertifikat arah kiblat Masjid Al-Ahda. Kegiatan ini berlangsung, pada hari Selasa, 4 Desember 2012 pukul 19.30 s.d 21.00 WIB. yang dihadiri oleh para anggota takmir dan para jama’ah masjid al-Ahda dengan jumlah kurang lebih 30 orang.

Kegiatan ini terselenggaran atas inisiatif dan permintaan Takmir Masjid Al-Ahda untuk memberikan penjelasan, informasi dan pengetahuan tentang pentingnya diadakan pengukuran arah kiblat bagi masjid, khusunya masjid al-Ahda, yang telah menyelenggarakan pengukuran dan sertifikasi arah kiblat dengan bantuan dari Tim Sertifikasi Arah Kiblat BHRD Kan. Kemenag Kab. Bantul pada hari Selasa, 7 Nopember 2012, yang sebelumnya sebelum pernah mendapatkan pengukuran dan sertifikasi arah kiblat dari lembaga/intansi manapun.
Dalam paparan pengajiannya, H.M. Wahib jamil, S.Ag, M.Pd, selaku Kasi Urais dan Ketua TIM Sertifikasi Arah Kiblat BHRD Kan. Kemenag kab. Bantul menyatakan bahwa pengukuran arah kiblat bagi masjid ataupun tempat ibadah lainnya adalah suatu hal yang seharusnya dilakukan oleh umat Islam, khususnya bagi para takmir masjid, karena menghadap kiblat adalah merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Meskipun secara geografis letak wilayah Indonesia berada jauh dari ka’bah/tanah haram (Makah) tetapi dengan majunya Informasi dan Teknologi yang semakin canggih dan modern, arah kiblat suatu lokasi tempat ibadah mudah untuk diketahui dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Terkait dengan ini, Tim Sertifikasi Arah Kiblat BHRD Kan. Kemenag Kab. Bantul, siap membantu para takmir dalam melakukan pengukuran dan sertifikasi arah kiblat tempat ibadah yang belum pernah diukur arah kiblatnya.(Fzn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan DiKomentari Ya