SELAMAT DATANG, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENINGKATKAN JALINAN SILARURAHIM

Selasa, 09 Oktober 2012

MENGHADAPI IDHUL QURBAN, URAIS SELENGGARAKAN PEMBINAAN TATA CARA PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN”



Bantul-(urais): Hari raya Idul Adha identik dengan hari penyembelihan hewan kurban. Pelaksanaan penyembeihan hewan kurban merupakan ibadah yang berdimensi sosial yang manfaatnya bisa dirasakan oleh Umat Islam, khususnya para dhu’afa’. Motivasi umat Islam dalam penyemeblihan hewan qurban selain untuk menolong para dhu’afa’ juga meraih pahala yang besar di sisi Allah SWT.
Mulianya ibadah kurban ini seringkali tercederai dengan kurang pemahaman sebagian umat Islam yang bertugas sebagai penyembelih (tukang jagal) dalam proses/ tata cara penyembelihan hewan kurban yang halal sesuai tuntunan syari’ah dan thayyiban (higinis) memenuhi ketentuan standar kesehatan.

Berangkat dari permasalahan inilah, Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan pembinaan produk halal kaitannya dengan tata cara penyembelihan hewan qurban secara halal dan higinis. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 09 Oktober 2012, pukul 08.00 WIB samapai dengan pukul 14.00 WIB, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo NO. 16 Bantul, dengan jumlah peserta sebanyak 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari unsur panitia qurban, takmir masjid, dan para tukang jagal.
Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Kebijakan Kementerian Agama Tentang Makanan Halal, memberikan pengetahuan tentang qurban dan permasalahannya, dan Tata cara penyembelihan Hewan qurban secara halal dan higinis.
Untuk mensukseskan kegiatan ini, telah dibentuk tim pembina produk halal yang juga sekaligus sebagai panitia pelaksana kegiatan prouk halal dalam tahun anggaran 2012 sesuai dengan SK Kepala Kan. Kemenag Kab. Bantul nomor: 93 tahun 2012. Tim ini berjumlah 5 (lima) orang dengan rincian sebagai berikut;

NO
NAMA
NIP
JABATAN
1
H.M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd
197202041995031001
Ketua
2
Isni Cholifah
197229051993032001
Sekertaris
3
Mukhlas Widodo, S.Ag
196904072008011011
Bendahara
4
Zeni Nuramalia, SE
198310162011012013
Anggota
5
Muhammad Fauzan F, SHI
198006152009121003
Anggota

Tim Pembina produk hala ini diberi wewenang untuk melaksanakan tugas pembinaan produk halal sesuai dengan program kerja Kan. Kemenag. Kab. Bantul.

Melihat begitu pentingnya penyelenggaraan kegiatan ini, karena menjelang hari raya Idhul Adha, tim Pembina menghadirkan 3 (tiga) nara sumber yang professional dan berkompeten dalam bidangnya, dengan rincian sebagai berikut;
  1. H. Ahmad Fauzi, S.Ag , (Kepala Seksi Urais Produk Halal Kanwil kementerian Agama Islam DIY) , dengan materinya yang berjudul, “Kebijakan Kementerian Agama Tentang Makanan Halal “,
  2. H.M. Wahib Jamil, S.ag, M.Pd, (Kepala Seksi Urais Kementerian Agama Kab Bantul), dengan materinya yang berjudul, “Qurban dalam kacamata Fikih Islam”, dan
  3. Drh. Witanta, (Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner), dengan materinya yang berjudul “Teknis Penyembelihan Hewan Qurban”.
Untuk memberikan keleluasaan, para peserta dalam berdiskusi/tanya jawab dan sharing pendapat dengan para nara sumber, kegiatan ini dikemas dalam bentuk diskusi panel. Dengan diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, utuh dan gamblang tentang maslah produk halal khususnya berkaitan dengan tata cara penyembeliahan hewan kurban. (fzn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan DiKomentari Ya